RATUSAN PESERTA DIDIK BELAJAR KEPEDULIAN DAN KEWIRAUSAHAAN

Berkemah tidak harus identik dengan mendirikan tenda di lapangan atau bumi perkemahan, namun dengan sistem home stay atau bermukim di rumah penduduk bisa juga dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka. Pemandangan menarik dan menyenangkan dapat dijumpai pada kegiatan Perkemahan Bakti yang digelar oleh Gugusdepan Grobogan 01.047-01.046 di Desa Teguhan Kecamatan Grobogan.
Gelaran perkemahan oleh Ambalan Gajah Mada- Dewi Sartika Pangkalan SMA N 1 Grobogan ini diikuti oleh 297 orang Pramuka Penegak, usai upacara pembukaan, Kepala Sekolah SMA N 1 Grobogan Tri Wiryani selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus) menyerahkan peserta didiknya kepada Perangkat Desa Desa Teguhan untuk selanjutnya peserta belajar realita kehidupan di beberapa  rumah warga Desa Teguhan.

Dibimbing pemilik rumah peserta didik belajar membuat sangkar burung


Selama empat hari bermukim, mulai tanggal 13 Desember 2015 sampai 16 Desember 2015, peserta didik mengikuti beberapa aktifitas yang dilakukan oleh pemilik rumah. Karena sebagian besar penduduk yang ditempati adalah petani, maka peserta didik sebagian membantu kerja di sawah, ada juga yang membantu si pemilik rumah menyelesaikan kerajinan sekaligus belajar membuat kerajinan, sehingga menyesuaikan kegiatan si pemilik rumah. Contohnya di rumah Mulyono, peserta didik sambil membantu, mereka belajar membuat sangkar burung. Di tempat yang lain ada juga peserta didik yang belajar membuat perabot dapur dari bambu dan tanah liat.
Dengan didampingi oleh Pembina Gugusdepan lainnya, Abdul Nasir selaku Ketua Gugusdepan menjelaskan bahwa apa yang dilaksanakan oleh peserta didiknya ini adalah dalam rangka mengajarkan kepada mereka tetang bersosialisasi, beradaptasi dan berkomunikasi di masyarakat di samping mereka juga belajar kewirausahaan dengan masyarakat.
 “Belajar langsung di masyarakat adalah bagian penanaman pendidikan karakter, sehingga diharapkan anggota Pramuka mempunyai karakter yang bagus dan ke depan mampu tampil di masyarakat dengan baik” tambah Abdul Nasir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT ADMINISTRASI KWARTIR, KWARCAB GROBOGAN MANTAPKAN KELEMBAGAAN