PESTA SIAGA TOROH, MEMBUMIKAN PRAMUKA SEJAK DINI

Toroh, (21/02/2016). Gerakan Pramuka Kwaran 15 05 Toroh gelar pesta siaga. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan salah satu "Pesta" bergengsi bagi anggota pramuka di Kwartir Ranting Toroh, pasalnya tidak hanya ratusan pramuka siaga namun ratusan pembina turut andil dalam hiruk pikuknya kegiatan. Pesta Siaga tingkat Kwaran Toroh tahun 2016 yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Toroh Kecamatan Toroh ini rupanya merupakan acara yang selalu dinanti di bulan Februari. Kegiatan yang mengambil waktu dihari Minggu, 21 Februari 2016 ini bertema Pramuka Siaga Ceria Cerdas  dan Bersahaja. Diikuti oleh 69 pangkalan gugus depan yang ada di Toroh terdiri dari 64 gugus depan SD dan 5 gugus depan MI. 
Kak Widji Astuti, menya,paikan Thropy Barung Tergiat 1
kepada Pimpinan Barung Kuning dari SD N 3 Kenteng
(Dok. Kwaran Toroh)
Ketua Panitia, Nuryadi, SPd dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun ini Pesta Siaga Toroh merupakan "Pesta" yang istimewa, karena tidak hanya diikuti oleh gugus depan SD saja tetapi juga MI se Kecamatan Toroh. Hal ini merupakan perkembangan bagus bagi kepramukaan Toroh. Setiap gugus depan mengirimkan 1 barung yang beranggotakan 10 pramuka siaga. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah terpilihnya calon Kontingen Kwaran Toroh yang akan berlaga di Pesta Siaga tingkat Kwarcab 13 Maret mendatang.

Kita berharap melalui anggota pramuka inilah Bangsa Indonesia dapat dijamin masa depannya. Karena sampai saat ini memang hanyalah pramuka yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan, menanamkan nilai-nilai karakter melalui satya dan darmanya, berlandaskan undang-undang, bersifat nasional, universal bahkan internasional. Patutlah jika Gerakan Pramuka harus semakin dibumikan bagi generasi muda. Pesan pembina upacara yang disampaikan oleh Ketua Harian Mabiran Toroh, Djoko Suprijanto, MPd.

Keluar sebagai barung tergiat 1 Putra adalah dari pangkalan SD Negeri 3 Kenteng, disusul kemudian barung tergiat 2 SD Negeri 2 Boloh, barung tergiat 3 SD Negeri 4 Boloh, Harapam 1 SD N 2 Sindurejo,  Harapan 2 SD Negeri 4 Tunggak, dan harapan 3 SD Negeri 2 Katong. Selanjutnya untuk Putri, Barung Tergiat 1 dipegang oleh SD Negeri 1 Boloh, Barung Tergiat 2  SD Negeri 3 Boloh, Barung tergiat 3 SD Negeri 7 Depok, Harapan 1 SD Negeri 1 Depok, Harapan 2 SD Negeri 1 Pilangpayung, Harapan 3 SD Negeri 3 Genengsari. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT ADMINISTRASI KWARTIR, KWARCAB GROBOGAN MANTAPKAN KELEMBAGAAN