PESTA SIAGA KWARAN GROBOGAN : JADIKAN PRIBADI LEBIH MANDIRI

Grobogan (5/3/2016). Bertempat di halaman SD Negeri 4 Karangrejo Kecamatan Grobogan, ratusan pramuka siaga penuhi ajang Pesta Siaga tingkat Kwaran Grobogan. Perhelatan yang di gelar Sabtu, 5 Maret 2016 itu diikuti oleh 48 pangkalan SD/MI se Kwaran Grobogan dengan mengangkat tema Pramuka Siaga Cerdas dan Bersahaja. 

Disampaikan oleh Ketua Kwaran Ramad, S.Pd.MM, bahwa kegiatan pesta siaga di Kwaran Grobogan tidak hanya sebagai seleksi, tetapi juga bentuk aplikasi latihan pramuka siaga selama di pangkalan masing-masing. Melalui pesta siaga ini dapat memberikan pengalaman yang bermakna dan berkesan bagi anggota pramuka dimasa mendatang. Kegiatan ini memberikan kenangan “seumur hidup” untuk anak didik. Tandas Ramad yang juga Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Grobogan. 

Kak Ramad Ka Kwaran Grobogan selaku Pembina Upacara
menyematkan tanda peserta 
Kedai kereta Bola Basket yang menantang kegigihan peserta



Ditambahkan oleh Ketua Panitia, Sujarwa SPd bahwa pesta siaga ini bertujuan membina dan menanamkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, disamping itu untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin, melatih kesadaran mental, jasmani dan rohani sebagai bekal untuk meneruskan perjuangan dari generasi sebelumnya. 

Pada kegiatan ini peserta pesta siaga menampilkan berbagai macam kreativitas baik seni maupun teknik kepramukaan. Salah satu hal yang unik adalah adanya kedai bermain peran yang menampilkan berbagai jenis cerita daerah khusus Kabupaten Grobogan, diantaranya tradisi “Boyong Grobog”. Para peserta memperagakan asal-usul dari Kabupaten Grobogan. Selain kedai bermain peran yang menampilkan seni budaya, juga ketangkasan kereta bola basket, pengetahuan umum kepramukaan, gerak lagu, kepribadian dan tak kalah penting adalah kedai Keimanan dan Ketaqwaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT ADMINISTRASI KWARTIR, KWARCAB GROBOGAN MANTAPKAN KELEMBAGAAN